Dapatkah Manusia Menempel di Dinding Seperti Spiderman

Pernah membayangkan diri Anda dianugerahi kelebihan seperti Spiderman, yang dapat merayap di gedung-gedung tinggi? Tentu hal tersebut tampaknya tidak masuk akal, bukan? Apapun sebenarnya bisa terjadi apalagi setelah ilmuan Cornell memperkenalkan kita terhadap alat yang dapat membuat kita merayap di dinding bagaikan Spiderman. Hm, bagaimana bisa ya?!
Alat berukuran kecil tersebut menggunakan teori tekanan permukaan air untuk melakukan serapan (adhesi) dan kemampuan merayap bagaikan seorang pahlawan super. Aplikasi ini nantinya akan dipasang pada sepatu ataupun sarung tangan sehingga nanti orang yang menggunakannya dapat menempel dan merayap di dinding.

Perangkat ini terdiri dari plat dasar bermotif dengan lubang mikroskopis. Bagian bawahnya merupakan wadah penampung air dan bagian tengahnya adalah lapisan berpori. Medan listrik yang diterapkan menggunakan baterai 9 volt yang memompa air melalui perangkat itu dan menyebabkan tetesan air melalui lapisan bagian atasnya. Tegangan pada permukaan tetesan yang terbuka membuat alat ini mencengkram permukaan lainnya.

Untuk menonaktifkan daya adhesi ini, medan listrik hanya dibalik, dan air ditarik kembali melalui pori-pori, melewati dinding pori-pori yang diciptakan antara perangkat dan permukaan lainnya dengan tetesan air.

“Dalam pengalaman kita sehari-hari, kekuatan-kekuatan ini relatif lemah,” kata Paul Steen, profesor teknik kimia dan biomolekuler. “Tapi jika Anda membuatnya dalam volume besar maka Anda dapat mengendalikannya… Anda bisa mendapatkan daya adhesi yang lebih kuat.”

Sejauh ini, perangkat itu hanya berguna pada benda atau makhluk yang berukuran kecil. Sebagai contoh, satu prototipe dibuat dengan sekitar 1.000 lubang berukuran 300 mikron, dan mampu menahan beban sekitar 30 gram saja.

Tapi para peneliti menemukan bahwa saat mereka memperkecil ukuran lubang dan mengemasnya dalam volume yang lebih besar, daya adhesi akan semakin kuat. Mereka memperkirakan bahwa satu perangkat dengan jutaan lubang berukuran 1 mikron dapat menahan beban lebih dari 6.8 kg.

Steen membayangkan masa depan dari prototipe ini pada skala yang lebih besar, setelah mekanisme pompa disempurnakan, dan perekat ikatan dapat dibuat bahkan lebih kuat. Dia juga membayangkan tetesan air akan menutup dengan selaput tipis yang cukup banyak untuk mengendalikan pompa tetapi cukup tebal untuk menghilangkan bekas basahan.

Steen kelihatannya tampak lebih tertarik membayangkan alat yang bisa dijadikan pendukung tindakan kriminal dibandingkan menggunakannya untuk melindungi dunia.

“Bayangkan Anda dapat membuat alat seukuran kartu kredit, lalu menaruhnya di pintu dan dalam sekejap pintu itu akan terbuka sendiri,” papar Steen. “Hal itu menarik untuk dibayangkan.”

sumber foto : MuseumHoax
Bookmark and Share
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: