Gunakan Software yang Berguna & Ringan Untuk Windows Anda

Baru beli komputer atau notebook, tapi ketika selesai install software, komputer mendadak jadi lambat. Ini karena netter banyak install program yang memberatkan komputer. Baca lebih lanjut untuk solusinya…

Banyak pemakai komputer yang tidak mengetahui bahwa software yang mereka install kadang memberatkan komputer yang akan dipakai. Banyaknya loading yang tidak berguna ketika software selesai di-install jelas akan mempengaruhi kinerja dari komputer.

Pemilihan software yang salah seperti Adobe PDF Reader, antivirus & antispyware, program zip, pemutar video dan MP3 pastinya akan membuat komputer jadi pelan. Nah untuk mengatasi hal ini, berikut kami tampilkan software-software ringan yang berguna untuk ‘meringankan’ komputer Anda.

Antivirus & Antispyware

Setiap komputer saat ini pasti memerlukan software antivirus & antispyware, tapi Anda tidak perlu menginstall keduanya. Carilah antivirus yang sudah memiliki antispyware atau kalau perlu pakai program internet security. Jadi dengan 1 program saja, komputer Anda akan terlindungi dan kinerja akan lebih ringan

Kami sarankan untuk menggunakan AVG Antivirus & Avira Antivir – AVG memiliki Antispyware, Antivir dielengkapi dengan Antispyware & Anti rootkit. Keduanya ada free update dan ada versi gratisnya.

PDF Reader

Kami sarankan untuk menggunakan Foxit Reader karena program ini sangat ringan dan jauh lebih cepat dibandingkan Adobe PDF Reader atau PDF Reader lainnya. Pilihan lainnya adalah PDF Reader Sumatera Portable.

Multimedia Player

Pakailah Windows Media Player (WMP) yang cukup diinstall dengan codec seperti K-lite. Ketika Anda menginstall K-lite, biasanya disediakan alternatif pemutar video Windows Media Player Classic. Kalau Anda ingin memakai pemutar video lain, kami sarankan VLC (Video Lan) Player. Dengan VLC, Anda tidak perlu menginstall banyak codec lagi yang kadang memberatkan WIndows.

Dari nonton VCD, DVD sampai film format AVI, MPG, MP4 & MKV semua bisa dibaca oleh VLC atau codec K-lite dengan pemutar video WMP  Kalau Anda sering melihat film format RMVB & RM, gunakan Real Player alternative. Kalau Anda masih ingin melihat film Quick Time, gunakan Quick Time Alternative. Tidak perlu install Real Player & Quick Time yang lengkap (full).

Lupakan dan tidak perlu menginstall lagi WinAmp sebagai pemutar musik alternatif, karena tugasnya sudah bisa digantikan dengan WMP atau VLC.

Program Zip

Kami sarankan untuk memakai 7-Zip atau WinRAR saja, karena keduanya adalah program zip terbaik saat ini yang tidak membebani komputer.

Pakailah Program Portable

Banyak program portable yang bisa Anda gunakan yang tidak perlu diinstall setiap saat digunakan. Dari program download manager seperti uTorrent, e-mail client Thunderbird, browser Mozilla Firefox, OpenOffice, dan program chatting Pidgin (bisa MSN, Yahoo!, ICQ, dan lain-lain).

Semua program di atas sangatlah meringakan kinerja komputer karena tidak perlu diloading di startup dan sistem registry setiap kali komputer masuk ke OS Windows.

Bookmark and Share
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: