Cara Bekerja Search Engine ‘Google’

Search engine Google yang kita kenal sekarang ini merupakan search engine yang banyak di pakai, tapi pernakah Anda tahu bagaimana google tersebut bekerja dan dapat memberikan Informasi kepada kita. Search engine (Mesin Pencari) khususnya google mempunyai komponen yang di sebut Spider atau laba-laba dan sering disebut juga Crawler. Elemen spider melakukan kunjungan ke situs-situs internet untuk membaca isinya dan mengikuti berbagai link yang ada dalam situsnya secara periodik.

Program yang dikenal sebagai Crawler, spider atau robot yang di gunakan google sebagai petugas penjelajah dunia internet itu bernama Cusco, scooter dan Deephot. Ketiga mesin google tersebut pertama-tama mencari info utama dari sebuah title tag, html tag serta meta tag. selain itu juga menelusuri teks serta link-nya. Dan tidak ketinggalan pula untuk memeriksa robots.txt yang memuat info mana saja yang boleh di teruskan dan tidak.
Tiap element yang di temukan Laba-laba akan di rekam dalam sebuah index dan apabila di temukan perubahan pada situs secara otomatis pula sang laba-laba melakukan Update.
Lalu jika search engine memiliki jutaan dan atau lebih akan memilah dan mencocokan sesuai permintaan dari si pencari. dan barulah kemudian menampilkannya pada monitor sesuai dengan daftar dengan urutan Ranking. Aplikasi yang di gunakan Google untuk membuat Rangking tersebut kita kenal dengan sebutan PageRank. Yang juga sebagai salah satu kebanggaan para blogger jika bisa mencapai rangking yang baik sehingga kesempatan muncul di area search engine lebih besar sesuai dengan isi dan tema blog tersebut yang tercermin dalam meta, title dan tag blog.
Sebelum search engine google menampilkan hasil pencariaannya, search engine terebut haruslah terlebih dahulu menemukan dokumen yang dicari. Andai kata search engine tersebut tidak memberikan informasi yang kita cari, bukan berarti informasi tersebut tidak tersedia di internet bisa saja informasi yang kita cari belum di temukan oleh search engine.
Untuk mengetahui bagaimanana search engine bekerja, Anda dapat membuka situs http://www.se-spider.com. dalam situs ini menunjukan bagaimana sebuah serach engine memperoleh informasi dalam situs Anda. Program ii disebut Spider Simulator.
Nah kalau kita sudah tahu bagaimana search engine google bekerja, tentu pemilik web/blog wajib mengikuti ritual yang di syaratkan mbah google, agar web atau blog kita menjadi pavorite di mesin pencari sehingga selalu tampil paling tidak di 10 besar pertama.
Nah apa saja ritual supaya web/blog mudah di kenali oleh mbah google? atau bahasa kerennya teknik SEO (search engine Optimaize) silahkan and googling aza sudah banyak rekan kita yang membahas tentang SEO.
Sebagai pelengkap agar web/blog kita cepat dikenali oleh search engine, maka kita mesti mendaftarkan web/blog kita ke search engine agar lebih cepat terindex, berikut link untuk mendaftarkan/submit ke berbagai search engine terutama Google : http://www.google.com/addurl.html dan jika ingin mensubmit langsung kebeberapa search engine sekaligus, menggunkan website yang menyediakan jasa untuk submmit ke search engine seperti: submitexpress.com, addme.com, ineedhits.com, submit-it.com dan lain sebagainya.
Ok selamat mencoba dan jangan lupa juga membaca teknik SEO biar makin mantaf…

Bookmark and Share
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: