Hindari Penipuan Metode Phising

.fullpost{display:inline;}

Phising adalah suatu cara mencuri informasi penting, seperti user ID, PIN, nomor kartu kredit, dan password. Orang yang melakukan phising disebut phiser, phiser melakukan phising secara terang-terangan untuk meminta informasi yang dia inginkan. Misalnya dia melakukan suatu trik sehingga orang rela memberikan informasi yang dia inginkan.

Phising berasal dari kata “fishing” yang berarti memancing.
Metode yang digunakan untuk menjebak korban ini mirip dengan proses memancing. Singkat kata, siapkan umpan, lepaskan umpan, “ikan” mendekat dan memakan umpan, dan informasi didapat.

Dalam dunia jejaring sosial Facebook yang sering kita gunakan dapat menjadi sasaran untuk menerapkan metode Phising ini. Media yang paling sering digunakan untuk menjebak korban adalah dengan pesan. Pesan tersebut biasanya seolah-olah dikirim oleh Admin facebook atau dari pihak facebook yang salah satu isi dari email tersebut adalah dengan mencantumkan link yang jika kita klik link tersebut akan menuju sebuah halaman login Facebook dimana halaman login tersebut adalah palsu. Dan jika kita melakukan login menggunakan halaman palsu tersebut maka username dan password kita akan dikirim ke database sang phiser. Metode Phising ini biasanya disebut dengan Fake Login Facebook.

Selain itu menurut pengalaman saya memiliki teman yang pernah menerima sebuah pesan di FB yang tertuliskan pesan tersebut seolah-olah dari pihak Zynga Poker (kebetulan pada waktu itu teman saya suka main Zynga Poker dan chips di dalam account nya lumayan banyak). Lalu dia konsultasi kepada saya tentang pesan dari Zynga tersebut yang isinya untuk segera melakukan verifikasi account Zynga Poker dalam waktu kurang dari 24 jam. Jika tidak melakukan verifikasi maka account Zynga Poker akan kena banned. Hmmm…. Setelah kami cek dan benar saja dalam pesan itu terdapat sebuah link yang kasusnya sama dengan fake login facebook tadi. Dan saya mulai dari sini curiga bahwa pesan itu termasuk phising dengan tujuan untuk mengambil chip dalam account tersebut.Sebab, yang diminta melakukan verifikasi hanya account Zynga Poker yang rata – rata memiliki chip banyak. Sedangkan untuk account yang berisi chip sedikit tidak diminta melakukan verifikasi. Akhirnya saya bilang ke teman saya untuk mengabaikan pesan tersebut dan hapus aja pesannya dengan konsekuensi jika pesan itu benar-  benar dari Zynga Poker maka account itu akan di banned. Setelah ditunggu lebih dari 24jam dan hasilnya account Zynga Poker itu baik baik saja tidak ada masalah. Begitu juga dengan jumlah chipnya pun tidak berkurang. Saya menyimpulkan bahwa ini merupakan salah satu teknik phising menggunakan fake login juga.

Cara menghindari Metode Phising Fake Login Facebook :
Metode ini setidaknya dapat kita hindari dengan cara lebih memperhatikan alamat URL pada saat kita login ke Facebook. Selain itu jangan mudah percaya terhadap email yang berisi untuk menyuruh memasukan data pribadi anda (ex: nomor kartu kredit, username, passowrd,PIN, dll) dari orang yang tidak dikenal atau periksa tentang kebenaran dari pesan tersebut mungkin dengan bertanya pada teman yang berpengalaman, forum forum di internet atau cari tau di search engine Google.

Untuk sementara mungkin itu tips untuk menghindari metode phising atau fake login facebook. Apabila saya mendapatkan informasi lain yang lebih akurat untuk menghindari metode phising ini, saya akan bahas pada artikel berikutnya.

Bookmark and Share
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: