Asal Mula Sony Ericsson

Sony Ericsson adalah perusahaan patungan yang didirikan pada tanggal 1 Oktober 2001 oleh perusahaan elektronik konsumen Jepang Sony Corporation dan perusahaan telekomunikasi Swedia Ericsson untuk membuat ponsel.
Perusahaan ini berbasis di Hammersmith, London, dan memiliki tim penelitian dan pengembangan di Swedia, Jepang, Cina, Jerman, Amerika Serikat, India dan Inggris Raya.

Kinerja

Sementara Sony Ericsson telah menikmati pertumbuhan yang kuat akhir-akhir ini, para pesaing Korea Selatan LG Electronics menyusul di Q1 2008 karena keuntungan perusahaan jatuh secara signifikan sebesar 43% menjadi € 133 juta, penjualan jatuh oleh 8% dan pangsa pasar turun dari 9,4% menjadi 7,9%, meskipun kondisi-kondisi yang menguntungkan pasar handset diharapkan tumbuh sebesar 10% pada tahun 2008. Sony Ericsson mengumumkan peringatan keuntungan lain pada Juni 2008 dan melihat keuntungan bersih turun 97% di Q2 2008, mengumumkan bahwa mereka akan memangkas 2.000 pekerja, yang menyebabkan Sony Ericsson di ambang kemunduran dan bersaing dengan saingan yang sedang berjuang pula , Motorola. Pada Q3 keuntungan jauh pada tingkat yang sama, tetapi bulan November dan Desember peningkatan keuntungan diraih dengan model-model baru yang dirilis seperti C905 dan laku keras di inggirs.

Sony Ericsson (Juli 18, 2008) memiliki sekitar 9.400 karyawan dan 2.500 kontraktor di seluruh dunia. Hideki Komiyama adalah presiden perusahaan sejak November 1, 2007

Sejarah

Masalah dalam bisnis ponsel Ericsson

Di Amerika Serikat, Ericsson bermitra dengan General Electric pada awal tahun 90-an, terutama untuk membangun kehadiran AS dan pengenalan merek.

Ericsson telah memutuskan untuk memperoleh chip untuk telepon dari satu sumber – sebuah fasilitas Philips di New Mexico. Pada bulan Maret 2000, kebakaran dan mengontaminasi fasilitas yang steril. Philips meyakinkan Ericsson dan Nokia (mereka pelanggan utama lainnya) bahwa produksi akan tertunda selama tidak lebih dari seminggu. semua menjadi jelas ketika produksi sebenarnya selama berbulan-bulan, Ericsson dihadapkan dengan masalah serius. Nokia sudah mulai memperoleh sumber-sumber alternatif, tapi posisi Ericsson jauh lebih buruk dengan produksi model-model terbaru dan peluncuran baru mereka.

Ericsson, yang telah berada di pasar telepon seluler selama beberapa dekade, dan posisi ke 3 dunia produsen handset telepon seluler, berjuang dengan kerugian besar .terlepas dari booming penjualan sejak tahun 2000 – akibat masalah ini, dan ketidakmampuannya untuk memproduksi telepon murah seperti Nokia.

Latar Belakang Usaha Patungan

Sony adalah pemain marjinal di pasar ponsel dunia dengan pangsa kurang dari 1 persen pada tahun 2000. Itu juga berjuang dalam bidang ini dengan kerugian, tetapi ia ingin lebih fokus di daerah ini. Pada bulan April 2001, Sony menegaskan bahwa hal itu dalam pembicaraan dengan Ericsson untuk kemungkinan kerjasama dalam bisnis handset.Pada bulan Agustus 2001, kedua perusahaan telah menyelesaikan syarat-syarat merger diumumkan pada bulan April. Perusahaan ini memiliki tenaga kerja awal 3.500 karyawan.

Awal masalah

Meskipun memiliki tujuan agar lebih menguntungkan dalam tahun pertama, pangsa pasar Ericsson benar-benar jatuh dan pada bulan Agustus 2002, Ericsson mengatakan akan berhenti membuat ponsel dan mengakhiri kemitraan dengan Sony jika bisnis terus bahkan mengecewakan Sony bilang itu berkomitmen penuh untuk usaha patungan dan ingin membuatnya menjadi sukses. Namun, pada Januari 2003, kedua perusahaan mengatakan mereka akan menyuntikkan lebih banyak uang dalam usaha patungan dalam upaya untuk membendung kerugian.

Strategi sony Ericsson adalah merilis model baru yang memiliki kemampuan fotografi serta kemampuan multimedia lainnya seperti men-download dan melihat klip video dan kemampuan manajemen informasi pribadi. Untuk tujuan ini, itu merilis beberapa model baru yang sudah built-in digital kamera dan layar warna yang hal baru pada waktu itu. High-end yang menampilkan P800 built-in kamera dan PDA atribut berhasil dan membantu menoleh. Usaha patungan, bagaimanapun, terus membuat kerugian lebih besar meskipun booming penjualan.
Bahkan gagal dalam misinya menjadi penjual atas handset multimedia dan berada di tempat kelima dan berjuang pada tahun 2003.(ternyata perusahaan besar seperti se pernah berada dalam masa kritis,… )

Awal Dari Perubahan Haluan

Pada Juni 2002, Sony Ericsson mengatakan akan berhenti membuat ponsel CDMA untuk pasar AS dan akan fokus pada GSM yang tetap dominan dan teknologi. Hal ini juga memangkas pekerjaan dalam penelitian dan pengembangan di Amerika Serikat dan Jerman. Pada Oktober 2003,mereka dapat untung di kuartal 1, tetapi memperingatkan bahwa penurunan harga pada ponsel dan persaingan akan menyulitkan untuk tinggal diam. Sony Ericsson berhasil pulih dengan keberhasilan model T610.

Menyusul keberhasilan telepon P800, Sony Ericsson memperkenalkan P900 pada acara simultan di Las Vegas dan Beijing pada bulan Oktober 2003. Itu dipatok sebagai lebih kecil, lebih cepat, lebih sederhana dan lebih fleksibel daripada pendahulunya.

Pada bulan Maret 2004, Ericsson mengatakan akan mencoba untuk memblok pesaingnya Nokia dari mendapatkan kontrol dari Symbian, sebuah konsorsium industri yang membuat perangkat lunak untuk operasi ponsel pintar.

Pada tahun 2004, Sony Ericsson pangsa pasar meningkat dari 5,6 persen pada kuartal pertama menjadi 7 persen pada kuartal kedua. Pada bulan Juli 2004, Sony Ericsson meluncurkan P910 komunikator dengan thumboard terpadu, luas dukungan e-mail beserta memori card

Sukses Dengan Ponsel Walkman Dan Seterusnya

Pada tanggal 1 Maret 2005, Sony Ericsson memperkenalkan K750i dengan kamera 2 megapiksel, serta platform pasangan, yang W800i, yang pertama dari ponsel Walkman sangat sukses mampu melakukan 30 jam pemutaran musik dan dua ponsel low-end.

Pada tanggal 1 Mei 2005, Sony Ericsson setuju untuk menjadi sponsor global untuk WTA Tour dalam sebuah kesepakatan senilai 88 million U.S. dolar selama 6 tahun. dari The women’s pro tennis circuit berganti nama menjadi Sony Ericsson WTA Tour.

Pada tanggal 2 Januari 2007, Sony Ericsson mengumumkan di Stockholm bahwa hal itu akan memiliki sebagian dari ponsel yang diproduksi di India. Mengumumkan bahwa dua mitra outsourcing, Flextronics dan Foxconn akan menghasilkan 10 juta ponsel per tahun pada tahun 2009. CEO Miles Flint mengumumkan pada konferensi pers yang diadakan komunikasi dengan menteri india Dayanidhi Maran di Chennai bahwa India adalah salah satu pasar yang paling cepat berkembang di dunia dan pasar prioritas untuk Sony Ericsson dengan 105 juta pengguna telepon seluler GSM.

Miles flint mengumumkan Pada 2 Februari 2007, Sony Ericsson memperoleh, UIQ Technology, sebuah perusahaan perangkat lunak Swedia dari Symbian Ltd. UIQ akan tetap menjadi perusahaan independen,

Sukses Dengan Cyber-shot

Sony Ericsson telah sukses besar dengan Cyber-shot mereka. Merek ini diluncurkan pada tahun 2005 oleh pengenalan K750i yang merupakan salah satu yang paling populer telepon Sony Ericsson. Alasan untuk ini adalah dengan Memory Card kemampuan yang sangat diinginkan pada saat itu. Cyber-shot menjadi sukses dengan sangat cepat karena tidak seperti Walkman, yang memiliki paket media yang sangat baik tapi kamera yang cupu, mereka memiliki media yang layak dan oke dalam kamera.

Jenis – Jenis Ponsel

Sony Ericsson saat ini berkonsentrasi pada kategori: musik, kamera, bisnis (web dan email), desain, semua-bulat, dan fokus anggaran telepon. Lima kategori terbesar adalah:

-Walkman : ponsel musik seri W, yang diluncurkan 2005.
Sony Ericsson w series adalah ponsel musik yang terkenal dan seri ponsel musik pertama, membuat keseluruhan pasar baru untuk musik portabel yang berkembang pada saat itu. Fitur utama yang dapat dilihat dalam semua ponsel walkman ini adalah mereka semua memiliki perak ‘W’. Sony Ericsson Walkman didukung dan di iklankan oleh bintang pop Christina Aguilera dan Jason Kay di seluruh Eropa.
– Cyber-shot : diluncurkan pada tahun 2006 dalam model-model baru dari seri K telepon.
Berbagai ponsel ini difokuskan pada kualitas kamera disertakan dengan telepon. Ponsel Cyber-shot selalu menyertakan flash, beberapa dengan lampu kilat xenon, dan juga termasuk fokus otomatis kamera. Sony Ericsson memiliki tag global untuk ponsel Cyber-shot “Never Miss a Shot “. Kampanye menampilkan pemain tenis wanita atas Ivanovi? Ana dan Daniela Hantuchova.untuk saat ini seri ini bernama seri c (cyber-shot)
-The BRAVIA : yang diluncurkan pada tahun 2007 (hanya pasar Jepang.)
BRAVIA adalah ponsel dapat menonton televisi terrestrial 1seg.
-The UIQ smartphone : diperkenalkan dengan seri P pada tahun 2003
terkenal karena touchscreens, QWERTY keypads (pada kebanyakan model), dan penggunaan antarmuka UIQ Platform dari Symbian OS. Ini diperluas ke seri M dan G .
-The XPERIA : ponsel pertama sony ericsson yang menggunakan sistem windows mobile




Dikutip dari berbagai sumber

Bookmark and Share

    • Enjang Totti
    • June 27th, 2012

    kira’in SE tuh produk amrik..baru tau deh skrg..!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: