Kuliah Online Bersama Dosen Universitas Terkemuka di Dunia

Pernah dengar nama universitas ini? Harvard, MIT (Massachusetts Institute of Technology), dan Stanford. Nama-nama yang sebagian besar sudah cukup dikenal oleh banyak orang, tidak hanya di negara asalnya saja tapi juga di seluruh dunia. Fasilitas kuliah yang super lengkap dan terdepan, dosen/ pengajar yang berkualitas, dan yang menjadi faktor utama adalah penelitian/ riset yang dihasilkan banyak berguna bagi masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan, kemudian banyak dari lulusannya yang sukses dalam membangun suatu perusahaan dan terkenal sampai keluar negeri. Sehingga menjadi salah satu kampus idaman di seluruh dunia. Dan apakah Anda punya angan-angan untuk bisa merasakan bagaimana menuntut ilmu di sana? Tapi, bermasalah dengan keterbatasan jarak ataupun dana?
Berterima kasihlah kepada Bapak Richard Ludlow

Beliau adalah salah satu dosen pengajar di universitas Yale, New England, USA. Di saat sedang mencari bahan untuk kelas aljabar linier dari internet secara tidak sengaja menemukan video kuliah online dari salah seorang profesor matematika di MIT, yaitu Gilbert Strang. Dari situ akhirnya muncul sebuah ide untuk membuat sebuah situs online yang bisa diakses secara mudah dan berisi berbagai video yang berkaitan dengan akademis dan dibawakan oleh dosen tamu dari berbagai universitas ternama. Sebelumnya video-video akademis tersebar-sebar di berbagai macam situs dan format yang berbeda-beda sehingga sulit dicari dan diakses.

Akhirnya situs yang bernama Academic Earth diluncurkan oleh Ludlow. Akses situsnya dan Anda langsung bisa menonton berbagai video yang tersedia di sana tanpa perlu mendaftar. Jika Anda memutuskan untuk mendaftar Anda akan mendapatkan fasilitas untuk dapat menandai dan menyimpan daftar video favorit. Di dalam situs tersebut telah disediakan 17 jenis materi kuliah yang berkaitan dengan astromnomi, ilmu komputer, ekonomi, sejarah, agama, dan lain sebagainya.

Video

Total video kuliah ada sekitar 2,395 dengan durasi untuk tiap video berbeda-beda, ada yang hanya beberapa menit sampai yang berjam-jam tergantung materi yang dibawakan oleh dua ratusan dosen dari universitas Yale, MIT, Hardvard, Stanford, UC Berkeley, dan Princeton. Yang manarik dari salah satu dosen tamunya terdapat nama Larry Page yang merupakan pendiri Google, CEO Yahoo sekarang Carol Bartz, dan nama-nama terkenal lain yang mau berbagi ilmunya di sana. Dengan antar muka yang mudah Anda bisa mencari berdasarkan mata kuliah, nama universitas ataupun dosen pengajarnya. Oleh pihak editor situs beberapa video yang berbeda, tapi memiliki kesamaan tema di satukan dalam bentuk playlist dan bisa Anda akses melalui tab Playlist.

Bukan Ide Baru

Ya, situs yang khusus menyimpan dan video-video akademis sudah ada sebelumnya, contohnya seperti Big Think dan Fora.TV. Tidak seperti Big Think, Academic Earth tidak membuat sendiri kontennya, situs ini hanya mengumpulkan dan mengelola konten akademis yang sudah ada sebelumnya. Dan Fora.TV lebih fokus pada topik-topik umum. Tetapi Academic Earth memiliki rencana yang berbeda, yaitu untuk menyediakan kuliah online secara gratis, Anda diberi kebebasan untuk menyebarkan video yang ada, menempatkannya di situs, atau Anda bisa unduh langsung jika koneksi internet kurang mencukupi untuk streaming video.

Kedepannya

Fasilitas yang diberikan di situs masih terasa kurang lengkap. Untuk itu Ludlow berencana untuk menambah beberapa fitur baru seperti sistem komentar untuk video, sehingga jika ada yang tidak dimengerti bisa kita tanyakan langsung dengan harapan ada orang lain yang bisa membantu menjawab. Ludlow juga berencana untuk mendapatkan uang dari iklan untuk penyediaan peralatan mengajar dan layanan pendidikan, dan juga berbagi pendapatan dengan pemilik konten video. Selain konten dari universitas yang sudah ada sekarang ini, situs akan ditambah lagi dengan konten dari lembaga peneliti, konferensi, dan agen pemerintah AS. Kuliah dalam bentuk MP3 yang bisa diunduh dan Anda bawa juga menjadi salah satu rencana Ludlow untuk lebih membebaskan ilmu pengetahuan.

Sekarang tunggu apa lagi? Kalau ada niat pasti Anda akan diberi jalan. Fasilitas susah banyak tersedia tidak ada lagi batasan dan halangan dalam hal jarak, waktu dan biaya seperti dulu. Sebelum menyaksikan videonya mungkin bisa Anda baca-baca dulu materinya dari buku atau ebook yang berkaitan, supaya ilmu yang didapat dapat lebih masuk dan mudah dimengerti. Kekurangannya adalah kendala bahasa, materi disampaikan dalam bahasa Inggris saja, tapi mungkin kedepannya bisa ditambah fitur captions/ subtitle seperti yang dimiliki Youtube dan yang terakhir Anda tidak bisa bertanya langsung ke dosennya =p.

Sebagai contoh, saya coba taruh video yang menampilkan dosen pengajar, Jerry Kaplan dari universitas Stanford yang membawakan materi tentang lima keahlian yang penting dimiliki para wirausaha/ entrepreuner. Hanya 8 menit saja ^^.

udaramaya

Bookmark and Share
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: