Spyware Doctor

Anti Spysoftware – Software penditeksi program nakal

Media Internet dengan fasilitas surfing ternyata selain menyenangkan dengan kemudahan mencari informasi rupanya menimbulkan masalah baru bagi pemakai internet. Terlebih bagi mereka yang suka melakukan surfing ketempat tempat sedikit ilegal atau situs gratis. Salah satu kutu penganggu computer disebut sebagai spyware. Tidak membahayakan tetapi cukup menjengkelkan, bahkan lebih merugikan dibandingkan sebuah worm atau virus computer.
Perkembangan software spyware sebenarnya dibuat oleh beberapa perusahaan resmi untuk layanan khusus. Mereka membuat program sejenis Spyware untuk mendapatkan data statistik dan melihat pola tingkah laku pemakai internet pada sebuah situs. Saat ini bentuknya spyware sudah mencapai ribuan model, baik dibuat oleh perusahaan resmi maupun mereka yang sekedar iseng memanfaatkan kelemahan program browser (khususnya Windows Internet Explorer). Yang terakhir dikatakan pekerjaan iseng dengan memanfaatkan kelemahan keamanan program browser inilah yang menjadi sebuah kejengkelan bagi pemakai internet.
Pemanfaatan program Spyware yang sebenarnya bisa sekedar mendapatkan info dari computer pemakai internet, menyelidiki kegiatan apa saja yang sudah dicari oleh netter. Tetapi saat ini sudah dikategorikan untuk mencoba mencuri data yang ada pada sebuah computer. Bahkan perkembangan sudah lewat dari jalur ketika fungsi program spyware dibuat, dan dikatakan sebagai program nakal dan menyebalkan.
Kutu software jenis Spyware tidak dikategorikan sebagai virus atau worm. Karena sifatnya bukan untuk merusak computer pemakai atau menyerang computer/server lain. Contoh saja bila anda suka mengunjungi site site tertentu yang berbau porno atau ilegal, sudah dipastikan anda akan akan menjadi sasaran si pemilik situs dengan memanfaatkan computer anda menjadi pelayan mereka, Bahkan lebih kurang sopan lagi, tindakan program spyware yang dibuat untuk memanfaatkan bandwidth internet anda. Sementara anda sedang surfing, ternyata computer sedang menjalankan program spyware secara otomatis begitu computer terhubung ke internet.
Biasa saja pemilik situs ingin mencari sesuatu keuntungan, misalnya bertujuan untuk iklan, atau sedikit pendapatan uang atas layanan nakal yang mereka buat dan mencoba menempatkan sebuah program ilegal yang tidak diketahui pemilik computer. Terserah mau dikatakan apa dan bagaimana caranya mereka membuat dan memanfaatkan para pengunjung situs, yang pasti sebuah computer mungkin saja sudah dimasuki oleh program yang dikategorikan Spyware dan tanda tanda pasti membuat koneksi internet anda semakin lambat, dan program browser mulai terlihat konyol atau ketika dibuka akan muncul pop up atau link sebuah site yang tidak anda kenal.
Atau anda pernah meresakan koneksi internet lambat, mungkin saja hal tersebut disebabkan oleh bandwidth anda habis dimakan oleh program Spyware tersebut, atau anda akan kewalahan mendapatkan Windows anda selalu muncul sebuah site dan berkali kali ditutup tetap saja muncul. Bisa dibayangkan berapa banyak koneksi bandwidth dari access internet yang terbuang dan membuat jalur internet semakin padat dan lambat karena program program konyol jenis spyware.
Secara totalnya program dan jenis spyware saat ini sudah setanding dengan jumlah virus computer, dengan total hampir mendekati 30.000 jenis yang telah teridentifikasi. Dari sekedar program cookie kecil, atau program spyware kecil yang ditanam didalam harddisk, atau yang tersembunyi didalam registry Windows atau hanya sekedar script sebuah link atau sebuah script yang selalu memunculkan windows kecil yang selalu menganggu dan membuat bingung pemakai computer. Bahkan versi terbaru terlalu sulit untuk dimatikan, walaupun di nonaktifkan melalui End Task windows, dan kembali muncul.
Untuk menghadapi hal ini, sekiranya anda dapat mencoba Spyware Doctor. Sebuah program Anti Spyware kecil tetapi cukup ampuh mencari dan menangani kutu nakal yang tersembunyi pada harddisk dan registry windows. Walaupun belum menjamin untuk mampu menghabisi dan mengenal seluruh program ilegal jenis spyware didalam computer tetapi Spyware Doctor sudah mendapat rating 3 besar (Big 3 – 2004) pada kategori cukup baik dan cukup lengkap.
Untuk mengunakan program Spyware Doctor anda cukup menginstall dan membiarkan program mencari program atau script aneh yang tersembuyi didalam harddisk anda

Detect spyware ware
After clean using Spyware Doctor
Immunizer

Spyware Doctor juga memberikan informasi pada tingkat atau resiko dari program yang ditemukan pada data harddisk sebuah computer, selain itu Spyware cukup mampu menghapus program ilegal dari harddisk dari daftar yang ada.
Untuk kelemahan dari Spyware Doctor. Program ini tidak mampu memblock semua aktifitas program ilegal yang akan masuk atau sudah berada didalam harddisk. Untuk amannya, sebaiknya anda juga membantu untuk mencari secara manual bila sebuah software Spyware sudah masuk atau mematikan mematikan secara manual pada Task windows atau mendelete secara manual jika diperlukan. Jangan lupa untuk mematikan koneksi internet sebelum melakukan pembersihan pada harddisk computer, karena program nakal jenis Spyware bisa saja mengakali pemilik computer.
Anda juga dapat mencari dan menghapus perintah program yang tersembunyi. Karena jenis terbaru dari spyware cukup hanya menempatkan sebuah script link pada registry windows, dan ketika computer terhubung ke internet barulah program spyware di download atau dijalankan pada computer. Dan menghapus program spyware dari dalam harddisk belum tentu cukup untuk menuntaskan masalah anda untuk terbebas dari kutu nakal tersebut.
Setelah mengunakan program Spyware Doctor anda akan mendapatkan informasi jenis dan rating program atau script yang ada didalam computer anda dan menghapusnya. Selelah melakukan penghapusan software maupun script nakal dari program Spyware Doctor cobalah memeriksa kembali dengan mendelete secara manual bila terdapat sisa yang tidak bisa dibersikan oleh Spyware Doctor. Periksa kembali apakah computer anda sudah terbebas dan tidak ada lagi sampai yang tersembunyi didalam harddisk anda.
Memanfaatkan program Spyware Doctor akan berguna bagi netter untuk mengurangi dan mengetahui adanya program illegal didalam harddisk. Walaupun cukup ampuh untuk menghapus spyware, pihak pembuat memang tidak terlalu sering mengupdate ketika sebuah spyware baru ditemukan. Dan program Spyware Doctor adalah program shareware dan secara penuh baru dapat digunakan dengan mendapatkan nomer registrasi. Minimal informasi yang didapat dari versi trial dapat memberikan informasi bagi anda, apakah computer anda memang sudah bersih atau masih terdapat program nakal yang terus saja memakan bandwidth koneksi computer.

obengware.com

Bookmark and Share
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: