Perbandingan 15 Layanan Edit Foto Online

Sekarang ini siapa yang tidak pernah mengunggah foto atau gambar ke situs hosting gambar atau jejaring sosial?. Daripada dibiarkan teronggok di komputer, lebih baik gambar-gambar tersebut Anda unggah ke internet sehingga dapat dengan mudah disebar ke teman-teman atau orang lain dan mendapatkan tanggapan dari mereka. Tapi terkadang sebelum mengunggah gambar Anda ingin terlebih dahulu memperbaikinya dengan aplikasi penyunting gambar agar terlihat lebih menarik.

Jika Anda mempunyai masalah seperti di atas, jangan terburu-buru untuk sebuah aplikasi penyunting gambar penuh, karena Anda bisa memanfaatkan layanan penyunting gambar secara online, mulai dari sekedar penyuntingan sederhana sampai dengan penyuntingan ala Photoshop yang rumit dan membutuhkan keahlian lebih.

Beberapa tahun belakangan ini sudah banyak layanan penyunting foto online yang dapat diakses langsung dari browser. Kebanyakan dari layanan tersebut menggunakan Flash dari Adobe yang versi terakhirnya sudah mampu mendukung gambar beresolusi besar yang dihasilkan kamera dengan ukuran megapixel yang tinggi. Di samping menggunakan Flash, ada juga beberapa layanan sejenis yang menggunakan AJAX yang memungkinkan pengguna untuk melakukan penyuntingan tanpa perlu me-reload halaman situs. Keuntungan dari penggunaan AJAX adalah Anda dapat menggunakan layanan tersebut walaupun belum menggunakan versi terakhir Flash atau bahkan tidak memiliki Flash sama sekali.

Tabel di bawah ini memperlihatkan perbandingan fitur-fitur dari masing-masing layanan yang walaupun tidak terlalu mendalam, tetapi sudah memperlihatkan hal-hal yang sekiranya penting untuk dijadikan pertimbangan bagi para pengguna.

Layanan Flash/HTML Ukuran Max Resolusi Max Biaya Layer Efek Fitur Unggulan
Flauntr Flash 10MB 2850×1599 Gratis Tidak Ya Merupakan salah satu bagian dari paket produk editing yang lebih besar. Anda dapat memindahkan file gambar ke alat editing yang lain tanpa menghilangkan perubahan yang telah dilakukan.
Fotoflexer Flash Tidak terbatas 4500×4500 Gratis Ya Ya Menangani banyak layer dengan mulus, termasuk fitur lanjutan seperti curve tweaksintelligent lassoing dengan gratis. dan
Lunapic HTML 4MB 1330×1330 Gratis Tidak Ya Dapat dijalankan tanpa bantuan plugin Flash. Efek spesial yang sangat bermanfaat khususnya efek pada pembuatan efek pantulan pada air yang beriak.
Phixr HTML Tidak terbatas 1440×1080 Gratis Tidak Ya Dapat dijalankan tanpa bantuan plugin Flash. Tidak menyimpan foto di server terlalu lama, jadi Anda dapat melakukan edit gambar dan tanpa ada yang melihat.
Phoenix Flash Tidak terbatas 2800×2800 Gratis Ya Ya Dapat melakukan masking pada layer dengan baik, dukungan dari komunitas, dan paket pelatihan. Gambar yang sedang dikerjakan menggunakan Phoenix dapat dikirim ke alat editing lain di paket Aviary.
Photoshop.com Flash 10MB 6000×6000 Gratis Tidak Ya Setiap hasil edit/ perubahan pada gambar akan ditampilkan secara langsung. Aplikasi berjalan di atas teknologi Flash terbaru dan terbaik dari Adobe.
Picnik Gratis Flash 16MB 4000×4000 Gratis Tidak Ya Editor dasar untuk tempat penyimpanan foto Flickr, memiliki tampilan yang cantik, memiliki banyak efek gambar dan sistem kendali yang mudah digunakan.
Picnik premium Flash 16MB 4000×4000 $24.95/tahun Tidak Ya Kapasitas upload yang besar dan lebih banyak efek filter. Aplikasi juga mengingat tindakan saat terakhit kali Anda memakainya.
Picture2Life HTML 5MB 1600×1600 Gratis Ya Ya Dapat dijalankan tanpa bantuan plugin Flash. Jendela kerja yang melayang, sehingga mirip aplikasi desktop.
Pixenate HTML 10MB 1600×1200 Gratis Tidak Ya Dapat dijalankan tanpa bantuan plugin Flash. Alat untuk memutihkan gigi dapat bekerja dengan sempurna merubah senyuman menjadi lebih menarik hanya dengan dua kali klik.
Pixer.us Flash 10MB 6000×6000 Gratis Tidak Ya Mengingat foto terakhir yang telah dikerjakan dan memiliki filter dan efek yang luas.
Pixlr Flash Tidak terbatas 2880×2880 (Flash 9) 4096×4096 (Flash 10) Gratis Ya Ya Sangat terasa seperti aplikasi desktop, lengkap dengan sebuah area kerja di mana Anda bisa mengatur dan memodifikasinya sesuai dengan keinginan.
Snipshot HTML 10MB 5000×5000 Gratis Tidak Ya Dapat dijalankan tanpa bantuan plugin Flash. Dapat mengimpor halaman pertama dari file PDF untuk diedit.
Snipshot Pro HTML 10MB 5000×5000 $7/bulan Tidak Ya Filter efek, pendeteksi wajah, mendukung format gambar kamera RAW.
Splashup Flash ~6.25MB 1250×1250 Gratis Ya Ya Sangat handal dalam pengelolaan layer. Pengguna Photoshop akan langsung terbiasa dengan beberapa tampian antar mukanya.

Sekarang layanan mana saja yang menjadi pilihan Anda? Sebenarnya tergantung dari apa yang ingin Anda kerjakan. Jika ingin menambah efek/ hiasan ke gambar untuk dijadikan avatar dan sebagainya, Anda bisa mencoba Picnik dan Lunapic. Jika Anda ingin melakukan penyuntingan pada foto bertipe RAW bisa dengan memanfaatkan layanan Snipshot yang berbayar.

Hampir sebagian besar layanan memiliki API sehingga bisa terhubung dengan beberapa layanan hosting gambar dan jejaring sosial terkenal seperti secara langsung menempatkan gambar yang selesai disunting di Flickr atau Facebook. (CNet)

Catatan:

  • Perbedaan versi plugin Flash di browser bisa mempengaruhi resolusi gambar maksimum yang bisa ditampung
  • Batasan resolusi maksimal gambar yang dicantumkan bukan berarti Anda tidak bisa mengunggah gambar dengan resolusi yang lebih besar, tetapi kebanyakan layanan tersebut akan secara otomatis mengubah resolusi gambar ke batas maksimal yang bisa dikelola layanan dan servernya.

Bookmark and Share


  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: